Tuesday, January 5, 2010

Pekerjaan saya adalah......

Bosen ya denger sharing saya, topiknya gak berubah dari masakan, anak, jualan....waduh gak jauh-jauh dari urusan rumah tangga.
Yah ... secara gak sadar saya agak mengereeeeeeem. Wah kl tulisannya begitu bukan agak lagi ya..terus terang untuk urusan pekerjaan kantor saya amat sangat ngerem untuk bercerita. Untuk sharing, apalagi curhat or mencak mencak urusan kantor di dunia maya. Cukup sahabat terdekat dikantor saya yg pernah melihat suka duka saya selama dikantor.
Ini jauh sebelum ada berita tentang seorang prita mulyasari melalui surat elektroniknya maupun luna maya di twitternya, saya berusaha amat sangat membatasi untuk menulis baik di blog sendiri maupun blog orang lain untuk senetral mungkin. Alasannya saya gak mau kehilangan muka ataupun kehilangan pekerjaan krn hal yg sederhana.
Tapi kali ini saya mau cerita tentang salah satu profesi saya. Selain bakulan nasi, saya saat ini bekerja di salah satu perusahaan yg motonya the miracle of science di salah satu sbu yaitu agriculturenya. Nah pekerjaan sehari hari gak jauh jauh dari tawar menawar , negosiasi, berhubungan dg banyak vendor karena saya ada di bagian procurement. Dengan masa kerja 9 tahun dibidang ini, ternyata saya gak nyadar ada suatu skill saya yang terasah terus menerus..tiap hari selama bertahun tahuan. Saya gak menyadari saya telah menjadi seorang negosiator. Seorang negosiator yang ditakuti. Hah...kakakkakaka.
Karena sekarang saya memiliki sub ordinat...hanya deal - deal tertentu yg saya handle langsung. Dan beberapa waktu ini sub ordinat saya sedang cuti melahirkan. Pekerjaan saya back up dan vendor kembali berhubungan dengan saya.
Kemaren ada salah satu vendor saya membuat suatu statement yang bikin saya terkaget kaget bin terkejut, saat saya sedang dalam proses negosiasi dengan salah satu vendor.
"Duh..ini yg selalu saya deg-degan saat bernegosiasi sama mbak luky. Tau gak mbak...setiap negosiasi sama mbak luky, aku selalu merinding duluan... Selalu ada celah yang membuat aku menyerah kalah. Pasti aku mati kutu"
Hah....masyaalllah....sebegitu kejamnya saya saat bernegosiasi. Setelah saya ingat-ingat memang ada beberapa statement senada itu, bahkan ada yang keluar dari lubuk hati salah satu Kepala Pusat Instansi BUMN di salah satu propinsi di luar jawa yang amat sangat penasaran dengan saya.
Pernah dalam salah satu statemen beliau mengatakan
"Waduh saya ingin sekali saat ke Jakarta bisa mampir kekantor bu Luky, saya ingin bertemu langsung dg Bu Luky, pintar sekali negosiasinya"
Dan kemampuan ini semakin menjadi jadi saat saya menjalani profesi menjadi tk ketring, dimana pembelian masih saya handle langsung. Pantesan asisten saya -Piyu jiper saat saya minta untuk belanja sendiri. "Tapi saya gak bisa nawar ya bu.....".
Makanya saat ada customer ketring saya yg nawar abis abisan....saya gak pernah merasa terganggu apalagi kesal or marah. Kadang mereka minta maaf krn merasa terlalu cerewet saat menawar harga masakan saya. Padahal saya tidak pernah terganggu. Bahkan meskipun sudah menawar pun , dan selanjutnya tidak jadi deal pun buat saya gak pernah mempermasalahkan. Selama saya belum memasaknya, buat saya o.k o.k saja. Tidak tersinggung , tidak marah, tidak merasa apapun.
Karena yaitu tadi saya merfleksikan terhadap diri saya dikantor yg kadang negosiasi saya amat alot sehingga membuat para vendor merinding. Jadi saya pun siap ditawar oleh customer saya segimanapun. So please feel free untuk negosiasi dengan saya....

No comments: