- Narsis banget sih?
ya iyalah...gak papa toh narsis toh dalam hal yang wajar dan halal saja kan, tidak merugikan pedagang lainnya , tidak merugikan kompetitor saya, tidak menjelek jelekkan kompetitor saya dan tidak juga berbohong.
- Pamer gak sih? Riya yah...
Menurut saya tergantung dari niatan ya...niat saya kan promosi bukan pamer boooo. Buat saya pribadi pamer dan promosi batasnya jelas, pamer itu untuk memanas manasi orang tertentu dan itu gak menghasilkan keuntungan...malah cari musuh. Sedangkan promosi, saya berusaha menginformasikan fakta dg kata kata yg menarik supaya ada yg tertarik dan menannyakan produk dan insyaallah membuahkan kesepakatan dagang. Nah kan saya yg untung.
- Tapi orang lain bilang itu pamer gimana?
Loh mas atau mbak...lupa ya. Ini bisnis siapa to? bisnis kita sendiri kan? Memangnya kl saya mikirin perkataan orang lain selama itu tdk melanggar hukum , privasi orang dan etika...saya dapet duit gitu? Enggak toh. Memangnya kl saya bangkrut , toh belum tentu orang lain itu akan menolong saya.
Jadi mengapa saya harus memikirkan orang lain toh saya tidak merugikan apapun. Contohnya saya bilang begini di internet.
"Ada pesenan 200 box ayam bakar, alhamdulilah rejeki. Ternyata kata si pemesannya enak banget loh"
atau saya bilang gini
"Say it with Tumpeng...pesen tumpeng di kedaikita yukkkkk"
Yuk kita analisa. Ada yg dirugikan gak dg kata kata saya? Menyinggung kompetitor saya sesama catering gak? enggak toh, la wong saya ngajak kok..kl gak mau ya sudah tinggal gak usah telpon saya kan.
Toh kl ada orang yg berfikiran demikian , ya biarin sajalah. Boleh dong orang itu punya pikiran seperti itu. Tinggal bagaimana kita menyikapinya saja. Kalo saya seandainya ada yg bilang seperti itu ya saya abaikan saja. La wong gak ada untungnya nanggepin koment seperti itu. Kasian....nanti malah hati saya kena penyakit hati atuh. Lebih baik. Abaikan saja...anggap orang boleh berpendapat apapun. Yang penting saya gak akan niru seperti orang itu. Titik. That's it. Selesai.
Kalo ditanggapai...wah runyam... sayang ya waktu kita malah hais untuk hal seperti itu. Enakan mikirin besok bikin menu apa..enaknya gimana supaya banyak yg menghit /akses blog saya. Gitu aja ya mikirnya ...jd santaiiiii.
- Kl ada aja yg berbicara miring dan negative thinking gimana?
Mas ..mbak. Api dimusuh sama api yg terjadi adalah kebakaran. Enaknya disirem pake es degan aja yuk. Uenak en sedep. Masalah selesai dan insyaallah kedepannya orang yg berbicara miring ini kali aja suatu saat malah jadi customer setia kita . Iya to..enak to...mantep to..hehehhehe.
Pernah dpt ilmunya gimana jd customer service yg baik gak? nah krn usaha kita masih gurem, kita itu fungsinya owner sekaligus customer service. Maksudnya piye? Yah.... kita tampung baik baik segala komentar dan keluhan dari para komentator. Namanya jg jualan online, resikonya ada aja...dijelek jelekin secara online paling buruknya..difitnah secara online (naudzubillahiminzaliq..lom pernah dan mudahmudahan jangan sampe deh). Tp yaitu ....tanggapin dg cara yg positive. Anggap semua orang adalah calon pelanggan.
Kalau toh pun ada yg memfitnah kita, berikan tanggapan secara baik baik dan punya semangat solusi, jangan semangat berantem yah. Ingat saja, gusti allah mboten sare, Allah SWT tidak pernah tidur, Adukan sajalah sama Allah, Insyaallah Allah akan memberikan jalan terbaik. J
adikan cobaan menjadi guru yg plg utama, berserah diri sama Allah. Pasrahkan segalanya dg yang Yang Diatas. Ikhlas bahwa jodoh, harta dan kematian ini ada ditangan Allah.
Insyaallah kt akan ademmm.
- Udah terlihat belum hasilnya?
Alhamdulillah dah mulai terlihat hasilnya setelah beberapa bulan ini online. Kan kata allah setelah berusaha sekuat tenaga, akhirnya jg harus sabar toh? Biar lambat efeknya tp asal kita istiqomah Allah jg akan kasih reward buat kita. Tiap hariii saya terima permintaan penawaran meskipun lom tentu semuanya deal, sebagian tertentu saja.
Gak papa , awal yg baik bukan? at least nambah temen meskipun gak jadi pesen. Jd daftar YM contact saya panjaaaaaang banget. Saya accept seluruh permintaan untuk diadd as a friend.
La iya to...jd pedagang mah kudu ramah. Biar aslinya mungkin saya galak, tp untuk urusan pelayanan ke calon customer harus excellent dong. Seluruh pertanyaan dari calon customer insyaallah akan saya jawab sebaik mungkin , seramah mungkin. Meskipun Allah jg yg menentukan rezeki kita, mrk jadi pesan sama kita atau ndak. Insyaallah hal ini menunjukkan tingkat keimanan kita bahwa kita percaya Allah yg memberi kuasa atas hidup kita. Semoga hal ini membawa barokah...ya ndak .??
Jd gimana mrs en mrs di somewhere ....jangan ragu untuk memulai bisnis online ya.
No comments:
Post a Comment